Tips dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Tips menulis surat lamaran kerja | www.spektrumdunia.com

Surat lamaran kerja merupakan faktor utama paling penting dan esensial untuk dipersiapkan sebaik mungkin sebelum seseorang melamar sebuah pekerjaan. Selain sebagai ungkapan biografi diri dan pengungkapan pengalaman dari pekerjaan sebelumnya, surat lamaran kerja yang baik juga sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan dan faktor penentu Anda untuk diterima atau tidaknya saat melamar sebuah pekerjaan selain wawancara kerja.

Untuk membuat sebuah surat lamaran yang baik bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan karena yang diperlukan hanyalah struktur rangkaian kata-kata yang baik yang terkesan elegan, kreatifitas dan kejujuran. Surat lamaran kerja atau yang juga dikenal sebagai Curriculum Vitae (CV) juga tak melulu ditulis secara manual, akan tetapi Anda juga bisa membuatnya dengan menggunakan bantuan komputer yang kemudian di print.

Agar Anda tidak bingung bagaimana contoh surat lamaran kerja kerja yang baik dan cara membuatnya, berikut ini adalah beberapa langkah-langkah yang bisa Anda terapkan:

1. Berikan informasi yang lengkap dan detail

Selalu pastikan bahwa Anda memberikan informasi lengkap seperti nama lengkap, nomer yang bisa dihubungi, alamat email dan lain sebagainya yang dicantumkan pada surat lamaran Anda. Gunakan jenis huruf standar dan hindarkan penggunaan jenis huruf yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Sebelum Anda membuatnya, tentu Anda membutuhkan sebuah struktur tampilan surat lamaran yang bisa mengakomodir detail yang jelas sekaligus enak dipandang. Nah, surat lamaran kerja yang baik biasanya memiliki struktur sebagai berikut:

  • Informasi personal
Kolom ini biasanya berisi detail informasi mengenai tempat dan tanggal lahir, kebangsaan, negara, etnis, negara dan status.

  • Informasi kontak
Pada kolom ini Anda bisa memasukkan detail alamat Anda saat ini lengkap dengan propinsi, kota, kode pos, nomer telpon atau handphone dan email. Hal ini bertujuan agar Anda bisa dihubungi dengan mudah oleh divisi HRD atau rekrutmen ditempat Anda melamar kerja.

  • Rangkuman biografi
Kolom ini sebaiknya diisi mengenai seputar pengalaman kerja terakhir, kemampuan, umur dan sedikit menyentuh kemampuan teknis yang Anda miliki. Hal ini penting karena banyak dari HRD yang mengasosiasikan kemampuan ini dengan pekerjaan yang nantinya akan Anda tempati saat diterima.

  • Latar belakang pendidikan
Pada kolom ini Anda bisa memasukkan latar belakang pendidikan Anda dari pendidikan awal hingga yang terakhir. Jika Anda juga mengikuti kursus, Anda juga bisa memasukkannya disini sebagai info tambahan.

  • Kemampuan (Skill)
Tuliskan semua kemampuan yang Anda miliki pada kolom ini. Misalnya kemampuan dalam mengoperasikan komputer, kecepatan mengetik, bahasa Inggris dan lain sebagainya.

  • Pengalaman kerja
Bagi Anda yang memiliki berbagai pengalaman kerja, Anda bisa mencantumkannya di kolom ini. Ceritakan secara rinci pengalaman-pengalaman kerja yang Anda miliki, tugas, kewajiban serta tanggung jawab apa yang Anda miliki saat menjabat pekerjaan tersebut. dengan jelas pengalaman-pengalaman kerja apa saja yang pernah Anda lakukan, apa saja detail dari tugas Anda, dimana saja, kapan serta berapa lama.

  • Sertifikat dan penghargaan
Sertifikat dan penghargaan merupakan nilai plus yang bisa Anda sertakan dalam surat lamaran Anda. Selain Anda tuliskan pada kolom ini, Anda juga bisa melampirkannya bersama dengan surat lamaran yang Anda kirim.

2. Jadilah pribadi yang kreatif dan inovatif dan berani tampil beda

Dalam membuat sebuah surat lamaran kerja yang baik, kreatifitas dan inovasi cukup dibutuhkan karena surat lamaran Anda merupakan salah satu media dan cara Anda untuk berkomunikasi dengan HRD meskipun melalui tampilan dan tulisan. Jadi berikanlah sentuhan terbaik Anda dalam membuatnya. Dengan surat lamaran yang interaktif, menunjukkan jika Anda adalah orang yang kreatif, inovatif dan berani tampil beda dari yang lainnya. Untuk melakukannya, Anda bisa mulai dengan merubah tampilan (layout) surat lamaran dari yang berkesan klasik dan konvensional ke tampilan yang lebih modern.

3. Berkesan

Surat lamaran yang Anda kirim adalah bentuk representasi dari diri Anda, oleh karenanya buatlah surat lamaran yang sebaik mungkin dan se-selegan mungkin. Perhatikan detail-detailnya seperti jenis, penggunaan huruf dan kerapihan alinea serta paragraf-paragraf didalamnya.

Contoh surat lamaran kerja

Depok, 12 Februari 2014
Kepada YTH:
HRD Manager PT SMART DIGITAL
Jl. Palsigunung No.51 Depok

Dengan Hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari sebuah media di internet perihal lowongan pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, oleh karenanya melalui surat lamaran ini saya, Tri Haryadi, 31 tahun bermaksud untuk mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini untuk menempati posisi yang sedang dibutuhkan.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama : Putra Agung
Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 06 Januari 1982
Pendidikan : Manajemen Informatika Universitas XXXX
Alamat : Jl. Pasar Minggu Raya
Telepon : 0857 1473 XXXX

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan kelengkapan diri saya sebagai berikut:

Pas Photo 4x6 1 lembar
Fotokopi KTP
Daftar Riwayat Hidup
Fotokopi Ijazah
Fotokopi Sertifikat Uji Kompetensi
Fotokopi Surat Referensi Kerja

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Demikian semoga membantu terima kasih sudah berkunjung.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik dan sopan di setiap postingan di blog ini, syarat berkomentar:
1. Gunakan kata-kata yang sopan dan tanpa spam
2. Jangan memasukkan link aktif bila ada akan saya hapus
3. Tidak di izinkan melakukan promosi blog yang ada unsur pornografi ConversionConversion EmoticonEmoticon