10 Band Rock Jepang Terbaik

Band rock Jepang menjadi salah satu ujung tombak popularitas J-Pop di dunia internasional. Musik-musik mereka digemari berbagai kalangan, tidak hanya di Asia, namun juga di Eropa dan Amerika Serikat. Beberapa band bahkan sudah menandatangani kontrak eksklusif dengan label produksi internasional dan singel mereka mampu terjual jutaan keping di seluruh dunia.

Pertanyaannya, yang manakah band rock Jepang yang layak dijuluki sebagai yang terbaik sepanjang masa? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita baca saja artikel Top10Indo berikut. Di sini, kami akan menyajikan daftar sepuluh band rock yang tidak hanya populer, namun juga menyajikan lagu-lagu berkualitas.


10. Alice Nine

by kensetsushAira on DeviantArt.com via Creative Commons

Alice Nine adalah sebuah band rock bergenre visual kei yang sudah berdiri sejak tahun 2004. Saat ini, Alice Nine beranggotakan lima orang personel.: Shou, Tora, Hiroto, Saga, dan Nao. Mereka mengawali performance-nya di berbagai kafe kecil hingga akhirnya mampu menarik perhatian sebuah label major, PS Company dan King Records.

Alice Nine mulai dikenal secara nasional pada tahun 2007 melalui singel yang berjudul "Jewels." Seiring dengan berjalannya waktu, Alice Nine mulai menunjukkan kematangan dalam gaya bermusik. Tak hanya visual kei rock, mereka juga banyak menambahkan unsur heavy metal dalam musik-musiknya.


9. UVERworld


UVERworld sudah berdiri sejak tahun 2003 dan saat ini beranggotakan lima orang personel. Grup band ini sudah memproduksi lebih dari dua puluh singel, dan total penjualannya menembus angka lebih dari dua juta kopi di seluruh dunia. Para fans menganggap grup band ini mampu menyajikan lagu-lagu rock yang keras namun tetap easy listening.

UVERworld dipimpin oleh sang vokalis, Shimizu Takuya. Selain sebagai vokalis utama, Takuya juga sering melakukan rapping dan menjadi programer lagu-lagu band tersebut. Kekuatan vokal Takuya inilah yang dianggap menjadi daya tarik utama band UVERworld.


8. Versailles


Keras namun elegan. Versailles adalah band visual kei Jepang yang memiliki banyak fans di seluruh dunia. Banyak pengamat menilai bahwa grup band ini memiliki gaya yang berbeda dengan kebanyakan grup musik rock J-Pop. Band ini membawakan berbagai lagu-lagu yang sangat kreatif, baik dari segi musikalisasi hingga penyajian video klip.

Band ini didirikan pada tahun 2007 dan resmi bubar pada tahun 2012. Walaupun sudah tidak lagi aktif di dunia musik Jepang, lagu-lagu Versailles masih sering terdengar di berbagai konser, dinyanyikan oleh band-band lain yang mengagumi musik mereka.


7. Girugamesh


Dibentuk pada tahun 2003, Girugamesh adalah kelompok yang mengusung aliran Nu Metal. Grup ini menyajikan banyak lagu-lagu bernuansa keras. Saat ini, Girugamesh beranggotakan empat orang personil dan memiliki fans dari seluruh penjuru dunia. Band ini dipimpin oleh Shu, seorang bassis yang sudah aktif bermusik sejak masih SMA.

Girugamesh mencapai popularitas tertingginya pada tahun 2007 melalui album berjudul "Reason of Crying." Album ini mendapat sambutan yang sangat positif, terutama dari pecinta musik rock Eropa. Sejak saat itulah grup band ini sering diundang untuk menghadiri berbagai konser rock internasional.


6. Dir En Grey


Dibentuk sejak tahun 1997, popularitas Dir En Grey sebagai sebuah band rock Jepang masih tetap bertahan hingga saat ini. Grup ini dipuji banyak orang karena mampu melakukan tur ke berbagai negara, termasuk menaklukan Amerika Serikat dengan sebuah konser yang di dalamnya sama sekali tidak ada lagu berbahasa Inggris.

Dir En Grey saat ini beranggotakan lima orang personil, dan dipimpin oleh Kyo, seorang vokalis yang karismatik. Sejauh ini, Dir En Grey sudah merilis delapan studio album, di antaranya berjudul Gauze, Kisou, dan Uroboros.


5. One Ok Rock


Band ini tak begitu populer jika dibandingkan dengan grup musik lain dalam daftar ini. Padahal, One Ok Rock memiliki kualitas yang sangat luar biasa. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2005 dan saat ini beranggotakan lima orang member. Toru Yamashita yang saat itu masih berstatus sebagai pelajar SMA adalah pendiri dari band ini.

Niat Toru Yamashita ternyata berhasil terwujud. Ia menemukan lima personil lain yang sangat berbakat, dan mereka pun membentuk One Ok Rock. Tak hanya itu, Toru yang berperan sebagai gitaris juga dipercaya sebagai pemimpin One Ok Rock.


4. The Gazette


Beranggotakan lima orang personil, hingga saat ini The Gazette masih dianggap sebagai salah satu band rock Jepang yang terbaik. Grup musik ini didirikan pada tahun 2002 dan telah merilis berbagai lagu yang merajai berbagai music chart di Jepang. Walaupun sangat sulit mencapai popularitas di tahun-tahun pertamanya, Gazette saat ini menjadi salah satu grup rock terlaris dalam sejarah J-Pop.

Sepanjang karirnya, The Gazette hanya pernah mengalami satu kali pergantian personil. Kala itu, Yune yang berperan sebagai drummer keluar. Perannya digantikan oleh Kai, yang sejak tahun 2003 hingga saat ini masih menjadi bagian dari The Gazette.


3. X Japan


Dibandingkan semua grup musik yang ada dalam daftar ini, X Japan adalah yang paling senior. Grup band ini sudah didirikan sejak tahun 1982 dan kemudian sempat bubar pada tahun 1997. Setelah mengalami hiatus, X Japan kembali muncul di industri musik J-Pop pada tahun 2007 dan hingga kini masih sangat aktif merilis berbagai album dan singel.

X Japan juga berhasil menyaingi popularitas berbagai grup musik rock dari negara-negara Barat dan memiliki jutaan fans dari seluruh dunia. Tak hanya itu, kualitas musik band ini juga dianggap semakin meningkat dari tahun ke tahun.


2. SCANDAL



Dari semua band rock Jepang di daftar ini, Scandal adalah satu-satunya yang semua personilnya wanita. Band ini didirikan pada tahun 2006 dan sudah mengisi soundtrack berbagai anime terpopuler di Jepang, seperti Bleach dan Fullmetal Alchemist. Tak heran, grup ini pun kemudian memiliki fanbase yang tersebar di berbagai negara.

SCANDAL beranggotakan empat orang personil, yaitu Haruna Ono, Mami Sasazaki, Tomomi Ogawa, dan Rina Suzuki. Tak hanya cantik, para personil grup musik ini juga memilki kemampuan yang sangat baik dalam memainkan berbagai alat musik.


1. L'Arc-en-Ciel



Didirikan pada tahun 1991 di Osaka, popularitas L'Arc-en-Ciel di industri hiburan internasional sudah tidak lagi diragukan. Grup band ini mencapai puncak ketenarannya di tahun 1998 ketika singelnya yang berjudul "Winter Falls" berhasil meraih posisi pertama dalam tangga lagu Oricon. Setahun kemudian, mereka merilis album berjudul "Ark" dan "Ray" yang tidak hanya dirilis di Jepang, namun juga di dunia internasional.

Sempat mengalami hiatus dari tahun 2001 hingga 2003, L'Arc-en-Ciel melakukan comeback pada tahun 2004 dengan melakukan konser keliling Amerika Serikat. Konser tersebut sangat bermanfaat dalam mendongkrak popularitas mereka, menjadikan L'Arc-en-Ciel menjadi salah satu band rock Jepang terbaik sepanjang masa.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik dan sopan di setiap postingan di blog ini, syarat berkomentar:
1. Gunakan kata-kata yang sopan dan tanpa spam
2. Jangan memasukkan link aktif bila ada akan saya hapus
3. Tidak di izinkan melakukan promosi blog yang ada unsur pornografi ConversionConversion EmoticonEmoticon