Sitem Angin - Angin Monsun Timur dan Barat

Segala bentuk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa berguna bagi kehidupan manusia, tidak terkecuali angin. Manusia dapat memanfaatkan angin untuk berbagai keperluan, termasuk penunjang kegiatan pelayaran. Fungsi angin dalam kegiatan pelayaran sangat penting. Angin di anggap sebagai sumber tenaga bagikegiatan pelayaran.Setiap orang yang melakukan kegiatan pelayaran hendaknya memiliki pengetahuan tentang angin. Jenis-jenis angin yang mendukung tentang kegiatan pelayaran di Indonesia pada masa Hindu-Buddha sebagai berikut.


  • Angin Darat dan Angin Laut
Angin darat adalah angin dari arah barat ke laut yang bertiup pada malam hari. Angin ini di manfaatkan oleh para pedagang untuk bepergian dari darat menuju lautan. Oleh karena itu para pedagang berlayar menggunakan perahu pada malam hari> Adapun angin laut adalah angin yang dari arah laut ke daat yang bertiup pada siang hari. Angin ini di manfaatkan para pedagang untuk kembali ke daratan pada siang hari.

  • Angin Monsun
Lihat gambar di bawah ini, ini adalah pergerakan angin monsun barat!

Angin Monsun adalah angin yang berhembus secara periodik dan berganti arah secara berlawanan setiap setengah tahun. Angin monsun terbagi menjadi dua jenis, yaitu angin monsun barat dan angin monsun timur. Angin monsun barat bertiup dari Benua Asia ke Benua Australia. Angin ini bertiup pada bulan Oktober-April. Angin ini di manfaatkan pedagang india untuk berangkat menuju Indonesia. Para pedagang tersebut singgah di beberapa bandar perdagangan besar seperti Sriwijaya dan Ligor.


Sementara itu, angin monsun timur bertiup dari Benua Australia ke Benua Asia. Angin ini bertiup pada bulan April-Oktober. Angin ini di manfaatkan pedagang india untuk kembali ke dareah asalanya. keberadaan angin monsun menyebakan wilayah indonesia memiliki kedudukan istimewa jika dilihat dari sudut pandang perdagangan. banyak kapal dari penjuru dunia bertemu di indonesia 
dalam perkembangannya, muncul kerajaaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di daerah yang dekat dengan jalur perdagangan.

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik dan sopan di setiap postingan di blog ini, syarat berkomentar:
1. Gunakan kata-kata yang sopan dan tanpa spam
2. Jangan memasukkan link aktif bila ada akan saya hapus
3. Tidak di izinkan melakukan promosi blog yang ada unsur pornografi ConversionConversion EmoticonEmoticon