10 Makanan Khas Italia Terlezat

Italia adalah sebuah negara yang dianggap paling eksotis di Eropa.  Tak hanya diisi dengan berbagai nilai budaya tinggi seperti seni rupa, teater dan mode; negara ini juga memiliki makanan khas yang kelezatannya tak perlu lagi diragukan.  Masakan-masakan Italia bahkan bisa ditemui di seluruh penjuru dunia karena rasanya yang sangat universal.

Dalam artikel berikut, Top10Indo akan memberikan daftar 10 makanan khas Italia paling enak.  Tak hanya Pizza, ternyata ada banyak kuliner negeri sepakbola ini yang layak dicicipi.  Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang berguna ketika anda bersantap di restoran Italia.

10.  Chicken Parmigiana

Image Credit: Flickr.com via Creative Commons

Chicken parmigiana (sering juga disebut sebagai "Parmi" atau "parma") adalah hidangan ayam yang berasal dari daerah bernama Parmigiana dan secara reguler disajikan di pub Australia. Makanan ini terdiri dari dada ayam yang dilapisi tepung roti, (ayam schnitzel), disajikan dengan saus neapolitan yang terbuat dari tomat dan keju. Di Australia penambahan sepotong ham atau daging membuat parmiagana tersebut menjadi lebih berkalori tinggi. Hidangan ini biasanya disajikan dengan keripik kentang dan salad.  Chicken Parmigiana juga memiliki rasa yang sangat kaya dan memiliki cita rasa khas Italia yang tinggi.  Hidangan ini biasanya disantap dalam acara makan malam bersama keluarga.


9.  Bruschetta


Bruschetta adalah makanan yang sangat terkenal dari Italia, terdiri dari roti panggang yang dimasak dengan bawang putih dan atasnya diberi taburan minyak zaitun, garam dan merica. Selain itu, Bruschetta bisa juga diberi topping berupa tomat, sayuran, kacang-kacangan, daging ayam, atau keju. Resep yang paling populer di luar Italia biasanya menambahkan daun kemangi, tomat segar, bawang putih dan bawang merah atau mozzarella dalam penyajian Bruschetta. Bruschetta biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan pembuka. Rasanya yang ringan dan bisa membangkitkan selera membuat makanan ini enak dimakan kapan saja.


8.  Panna Cotta


Panna cotta adalah hidangan penutup Italia yang dibuat dari krim, susu dan gula, pencampuran dengan gelatin yang didihkan dan kemudian disajikan dalam keadaan dingin. Makanan ini diyakini berasal di wilayah Italia Utara Piedmont, dan bisa ditemukan di hampir seluruh Italia.  Panna Cotta  disajikan dengan buah-buahan seperti ceri, karamel, saus cokelat atau buah coulis. Tidak diketahui persis bagaimana atau kapan makanan penutup ini pertama kali disajikan di restoran elit. Hidangan yang terbuat dari krim yang sangat manis ini sangat tepat untuk menutup makan malam anda yang sebelumnya diisi dengan makanan-makanan yang disajikan dalam pasta dengan rasa yang dominan.  Makanan ini seolah bisa menjadi penetralisir lidah anda setelah menikmati berbagai hidangan khas Italia.


7.  Panino


Di Italia, panino adalah kata yang digunakan untuk menyebut sandwich yang terbuat dari roti yang disebut dengan nama "Tramezzino". Contoh jenis roti yang digunakan untuk membuat Panini adalah ciabatta, rosetta dan baguette. Roti dipotong horisontal dan diisi dengan bahan-bahan lezat seperti daging asap, ham, keju, mortadella, atau makanan lainnya, dan kadang-kadang disajikan hangat setelah dimasak di atas panggangan yang super panas.  Ada versi populer panino yang sangat terkenal di Central Italia diisi dengan porchetta, (irisan daging panggang) dengan garam dan rempah-rempah khas Italia selatan.  Panino cocok disantap sebagai sarapan untuk mengawali hari anda yang panjang.


6.  Tiramisu


Tiramisu adalah makanan penutup yang populer dan dikenal karena memiliki rasa seperti kopi. Makanan ini terbuat dari kue berbentuk jari (Italia: Savoiardi) dicelupkan dalam kopi, dibuat berlapis dengan campuran kuning telur, putih telur, gula dan keju mascarpone, dibumbui dengan bubuk coklat. Resep telah diadaptasi menjadi banyak jenis puding, kue dan makanan penutup lainnya.  Ada berbagai variasi dari tiramisu yang diadaptasi ke berbagai makanan di seluruh dunia.  Ada yang memasaknya dengan keju, susu, dan bahan-bahan khas dari negara mereka.  Yang jelas, kunjungan anda ke Italia belum lengkap jika belum merasakan lezatnya Tiramisu versi original negara ini.


5.  Tramezzino


Tramezzino adalah sandwich yang biasanya berbentuk segitiga, dibangun dari dua potong roti tawar putih lembut yang bagian pinggirnya dipotong. Tramezzino adalah hidangan Italia yang populer dan murah, tersedia di banyak bar maupun restoran Italia sepanjang hari. Biasanya makanan ini juga ditambahkan dengan potongan tuna, buah zaitun dan prosciutto; dan masih banyak bahan tambahan lainnya yang dapat digunakan dalam penyajian Tramezzino. Asal usul Tramezzino dapat ditemukan di Caffè Mulassano di Piazza Castello di Turin di mana sandwich ini awalnya disajikan sebagai alternatif sandwich ala Inggris yang digunakan dalam acara minum teh. Saat ini, ada bar di Italia yang memiliki 40 variasi hidangan Tramezzino yang berbeda.


4.  Lasagna


Lasagna adalah salah satu hidangan pasta yang paling pertama diciptakan di Italia.  Kata ini juga mengacu pada. hidangan yang dibuat dengan beberapa lapisan lembar lasagna, tiap lapisan diselingi dengan saus dan berbagai bahan lainnya.

Lasagna berasal di Italia, di wilayah Emilia-Romagna. Lasagna tradisional dibuat dengan meletakkan lapisan pasta di atas lapisan saus secara berselang-seling, dibuat dengan ragù, bechamel, dan Parmigiano Reggiano-. Di daerah lain dan luar Italia, Lasagna biasanya dibuat dengan ricotta atau keju mozzarella, saus tomat, berbagai daging (misalnya, daging sapi, babi atau ayam), sayuran (misalnya, bayam, zucchini, jamur) dan biasanya dibumbui dengan anggur, bawang putih, bawang merah, dan oregano. Setelah itu, Lasagna dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven.


3.  Tortellini


Tortellini adalah pasta berbentuk cincin dan memiliki bentuk menyerupai pusar, sehingga nama lain dari makanan ini adalah "Ombelico" yang berarti pusar. Tortellini biasanya diisi dengan campuran daging panggang atau keju. Berasal dari wilayah Italia di distrik Emilia (khususnya daerah Bologna dan Modena), masakan ini biasanya disajikan dalam kaldu daging yang kental. Tortellini saat ini sudah sangat populer dan bisa ditemukan di berbagai restoran di seluruh dunia.
.
Ada pula versi instan dari Tortellini, di mana makanan ini dikemas, didinginkan atau dibekukan dan bisa disimpan di lemari es selama kurang lebih 7 minggu.  Apabila ingin menyantapnya, makanan instan ini cukup dipanaskan di microwave.


2.  Pizza


Pizza adalah sebuah roti, datar, roti bundar dan di atasnya ditaburi dengan saus tomat, keju dan berbagai topping lainnya, dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven atau tungku. Pizza ditemukan di Naples, Italia, dan sejak itu menjadi hidangan yang populer di seluruh dunia. Sebuah toko yang khusus membuat dan menjual pizza disebut "pizzeria". Banyak variasi pizza ada di seluruh dunia dan biasanya rasa serta bahan yang digunakan untuk membuatnya disesuaikan dengan selera setempat. Pizza dimasak dalam berbagai jenis oven, dan ada berbagai macam bahan dan topping yang digunakan. Pada tahun 2009, atas permintaan warga Italia, pizza Neapolitan dimasukkan sebagai salah satu "Traditional Speciality Guaranteed Dish" untuk negara-negara Uni Eropa.


1.  Spaghetti


Spaghetti adalah sejenis pasta berbentuk silinder, tipis, dan panjang, berasal dari daerah Sisilia. Spaghetti terbuat dari semolina atau tepung dan air. Spaghetti Italia terbuat dari gandum khusus yang disebut dengan nama "semolina". Berdasarkan takaran tradisional, spaghetti harus memiliki panjang 50 cm. Namun saat ini ukuran panjang tersebut bukan lagi merupakan hal krusial, bahkan saat ini spaghetti paling umum tersedia dalam ukuran panjang 25-30 cm. Ada berbagai jenis spaghetti, salah satunya adalah Spaghetti alla Carbonara yang dimasak bersama sejumlah besar bawang putih dan minyak zaitun, dan disajikan dengan saus tomat, daging dan saus khas Italia lainnya.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik dan sopan di setiap postingan di blog ini, syarat berkomentar:
1. Gunakan kata-kata yang sopan dan tanpa spam
2. Jangan memasukkan link aktif bila ada akan saya hapus
3. Tidak di izinkan melakukan promosi blog yang ada unsur pornografi ConversionConversion EmoticonEmoticon