Cara Mengatasi Radang Pada Tenggorokan

Sakit pada tenggorokan jenis ini sebetulnya bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun anda bisa mengatasi rasa sakit dan peradangan lebih cepat dengan beberapa cara sederhana dan alami. Cara sederhana mengatasi radang tenggorokan tidak harus banyak keluar biaya, anda cukup menyediakan bahan-bahan alami tradisional yang bisa anda dapatkan dengan mudah di sekitar anda.
cara menyembuhkan radang tenggorokan Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Alami
Penyebab dan Gejala Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan adalah kondisi peradangan pada pita suara. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerja/beban yang berlebihan pada pita suara. Biasanya kondisi ini terjadi karena anda sering berteriak, bicara seharian penuh, bernyanyi tanpa istirahat, terlalu banyak makanan pedas atau sangat manis. Gejala radang tenggorokan yaitu suara serak atau lemah. Kadang-kadang orang tidak bisa bicara sama sekali. Hal ini sering disertai dengan sakit tenggorokan dan batuk kering.
Penyebab radang tenggorokan biasanya ditimbulkan oleh bakteri streptococcus. Bakteri jenis ini menular melalui udara ketika seorang penderita batuk maupun bersin. Maka berhati-hatilah bagi anda yang berada di sekitar teman yang sedang menderita sakit tenggorokan. Tidak hanya itu bakteri streptococcus juga bisa menyerang melalui jalan makanan, minuman atau benda-benda yang telah terinfeksi oleh bakteri ini. Penyebab lain dari radang tenggorokan antara lain : alergi, udara kering, dan polusi udara, serta beberapa penyakit seperti batuk, pilek, flu, campak, cacar air dan sesak napas.
Gejala yang biasa dialami oleh para penderita radang tenggorokan yaitu:
  • Terasa sakit pada tenggorokan.
  • Pembengkakan pada amandel dan menjadi merah.
  • Adanya bintik merah kecil lebih dari satu di belakang atap mulut.
  • Susah jika menelan.
  • Pembengkakan pada gelenjar getah bening leher.
  • Disertai demam, sakit kepala, dan badan terasa lelah.
Jika anda mengalami gejala-gejala di atas maka kemungkinan anda sedang terserang radang tenggorokan. Tapi jangan kuatir. Tetap tenang untuk mencari solusi dan cara menyembuhkan radang tenggorokan secara sederhana dan tepat.

TIPS DAN CARA MENYEMBUHKAN RADANG TENGGOROKAN SECARA SEDERHANA

Beberapa cara menyembuhkan radang tenggorokan yang sedang anda alami antara lain:
  1. Minum teh. Anda dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan dengan teh buatan anda sendiri. Gantilah sementara minuman-minuman seperi kopi, cola dan aneka minuman pasaran dengan teh hangat. Jika anda ingin lebih manjur, anda bisa menggunakan teh chamomile. Teh dari jenis chamomile dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan akibat radang. Anda bisa menikmatinya dengan menambahkan madu di dalamnya. Semakin nikmat bukan?
  2. Membuat teh jahe. Minum teh saja sudah nikmat apalagi jika ditambah dengan jahe. Jahe memiliki sifat ekspektoran, yang berarti membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan Anda (termasuk lendir ekstra di tenggorokan). Jahe meningkatkan oksigen ke sel-sel, membilas racun, dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya anda potong satu inci jahe yang telah dimemarkan lalu rebus kurang lebih selama tiga menit. Campurkan jahe tersebut dengan teh yang telah dibuat sebelumnya. Lalu nikmati.
  3. Minum madu dan juga lemon. Air hangat yang dicampur madu dan lemon juga bisa menenangkan tenggorokan anda. Madu sudah jelas sekali memiliki banyak manfaat. Anda juga bisa mengkombinasikan lemon dan jahe, lemon berfungsi mengencerkan lendir sedangan jahe sebagai penenang. Caranya: campurkan satu sendok madu dan satu sendok lemon dan dituangkan di dalam air hangat. Kemudian minumlah.
  4. Makan bawang putih. Yap, kedengarannya aneh. Anda mungkin menghindari makan bawang putih karena selain rasanya yang aneh jika dimakan mentah, namun juga bisa menimbulkan bau mulut tak sedap. Namun bawang putih adalah obat alami yang ampuh mengobati radang tenggorokan. Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang dan melawan kuman yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Caranya cukup mudah, iris bawang putih secukupnya lalu gigit dan hisap sari yang keluar dari bawang putih. Lakukan secukupnya, sekali dalam satu hari.
Oleh karena radang tenggorokan bukanlah penyakit yang serius, maka cobalah obati secara alami dan cara yang menenangkan. Sehingga si penderita pun tidak khawatir dalam dirinya mengenai penyakit yang sedang ia derita. Dan salah satu cara agar pasien bisa cepat sembuh juga dengan cara membuat psikologinya senang.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik dan sopan di setiap postingan di blog ini, syarat berkomentar:
1. Gunakan kata-kata yang sopan dan tanpa spam
2. Jangan memasukkan link aktif bila ada akan saya hapus
3. Tidak di izinkan melakukan promosi blog yang ada unsur pornografi ConversionConversion EmoticonEmoticon